Semua kalangan: Kecoa, Tanda Cintaku Untukmu

Ads 468x60px

Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Kecoa, Tanda Cintaku Untukmu


Tak lazim memang ide pengelola Kebun Binatang Bronx New York menyambut Hari Valentine alias Hari Kasih Sayang pada 14 Februari tahun ini. Sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (12/2/2011), kebun binatang itu menyediakan 58.000 ekor kecoa madagaskar (Gromphadorhina portentosa) bagi para pengunjung. Pekan ini, memang pengelola tengah memamerkan koleksi kecoa madagaskar.

Sebenarnya, apa sih yang ditawarkan? Ternyata, pengunjung bisa memberi nama pada jenis tergalak kecoa sedunia itu dengan nama kekasih masing-masing. Hitung-hitung, cara itu adalah sebentuk tanda cinta.

Nah, untuk seekor kecoa, pengelola mengutip donasi 10 dollar AS dari pengunjung. Sebuah ajakan bernada gurauan pun disampaikan oleh pengelola kebun binatang untuk menarik minat mereka yang ingin memberikan kejutan hari Valentine yang tidak biasa ini. "Bunga bisa layu, coklat bisa meleleh tapi kecoa bisa berarti selamanya," demikian bunyi ajakan itu.

Kecoa berwarna coklat ini bisa mencapai panjang hingga 7,5 cm. Untuk menarik lawan jenisnya, kecoa madagaskar jantan biasanya akan mengeluarkan desisan yang khas.
Juru bicara pengelola kebun binatang, John Calvelli mengatakan pada hari pertama promosi mereka setidaknya ada 1000 nama yang telah diberikan oleh pengunjung kepada kecoa yang mereka pamerkan.
Menurut National Geographic kecoa asal dari Pulau Madagaskar ini bukanlah serangga dan tidak berdiam di dalam rumah seperti kebanyakan kecoa lainnya. Kecoa jantan biasanya mengenali rekannya dengan sungut yang mereka punyai. Biasanya mereka bertarung untuk menjadi yang terkuat di kelompoknya dengan menggunakan perut mereka.

kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar